Pelayanan Buruk BRI Kantor Cabang Pekayon Jaya, Bekasi

Dear Bank Rakyat Indonesia,
Saya Reza Dwi Utomo, sedang kuliah S2 di Inggris, dan insya Allah akan pulang ke tanah air sekitar 2 tahun lagi. Pagi ini (Kamis, 13 Oktober 2016) sekitar jam 8:15 waktu Inggris (14.15 WIB), saya mencoba menelepon Call Center BRI melalui nomor telepon UK saya. Well, saya rela-relain untuk nelpon ke Indonesia soalnya ini kebutuhan penting. Singkatnya, internet banking rekening BRI saya bermasalah (udah dari dua bulan sebelumnya saya mencoba beberapa kali mengurus ini di kantor cabang BRI Pekayon Jaya, Bekasi, tapi berkali-kali CS selalu bilang beralasan “jaringannya bermasalah” lah, “saat ini BRI sedang launcing satelit baru sehingga jaringan terganggu” lah, “seharusnya ini bisa, pak” lah, dan alasan lain yang terkesan dibuat-buat), sehingga saya hanya bisa mencek mutasi rekening, tidak bisa melakukan transaksi keluar. Dan kondisi mengatakan bahwa keluarga saya membutuhkan uang sejumlah puluhan juta dari rekening BRI saya (saya menggunakan rekening Simpedes BRI) tersebut. Ya, jadi mau gak mau uang dari rekening saya tersebut harus ditarik melalui teller di kantor cabang BRI terdekat oleh keluarga saya.

Singkat kata, saya telpon call center BRI tersebut untuk menanyakan prosedurnya. Saya jelaskan kondisi saya yang sedang berada di luar negeri. Lalu CS-nya memberi tahu bahwa saya tidak bisa menarik uang dengan diwakili oleh orang lain dan malah meminta saya untuk menarik uang setelah saya berada di Indonesia. Dan saya katakan saja bahwa saya pulangnya 2 tahun lagi, lalu saya bertanya apakah tidak bisa menggunakan surat kuasa. Trus CS bilang bahwa coba saja pakai surat kuasa lalu “dikirim”. Nah, saya bingung dengan kata “dikirim” tersebut, lalu saya tanya ke CS. Eh neyebelinnya, CS-nya ngejelasinnya malah dengan nada setengah gondok dan mendikte saya seakan-akan saya ini tulalit. Dari sini saya sudah sebal banget. Makanya saya berusaha untuk segera mengakhiri telpon saya. Udah jauh-jauh nelpon dari UK, mahal pula, eh dilayaninya malah seperti itu. Oke gitu aja gak terlalu parah.

Saya coba menelepon ke kantor cabang BRI Pekayon Jaya, Bekasi, dengan harapan bahwa surat kuasa yang dibilang oleh CS tadi benar apa adanya. Dan sekali lagi, saya harus berkorban pulsa nomor UK untuk telepon ke Indonesia. Awalnya, yang mengangkat telpon saya adalah bagian operator. Lalu saya jelaskan keperluan saya, dan operator tersebut memberi tahu bahwa saya disambungkan ke petugas yang bernama Emi. Saya inget banget ini namanya. Kurang lebih begini percakapan saya dengan Emi ini:
Emi : halo, ada yang bisa saya bantu?
Saya : halo, saya Reza. Begini, sekarang kondisi saya di luar negeri dan saya akan pulang 2 tahun lagi ke Indonesia. Saat ini keluarga saya sedang butuh uang dari saya. Apakah bisa uang dari rekening saya ditarik oleh keluarga saya?
Emi : oh tidak bisa pak! Tunggu pulang saja ke Indonesia.
Saya : tapi saya masih lama banget pulangnya. Dan lagi buku tabungan saya ada di rumah.
Emi : tetap tidak bisa. Sudah ya pak. Tidak bisa.
Saya : tapi bu, keluarga saya butuh uangnya. Apa tidak bisa pakai surat kuasa?
Emi : tidak bisa. Sudah ya! (tut…tut…tut…)

Dan telpon saya diputus sepihak. Beneran ini gak sopan. Saya jauh-jauh telpon dari UK, tapi telpon saya diputus dengan tidak sopan seperti itu. Kalo memang tidak bisa, ya udah gapapa. Tapi at least, TOLONG SAMPAIKANLAH DENGAN SANTUN!!! Apakah begini pelayanan BRI? Tidak menggenalisir, apakah begini pelayanan Kantor Cabang BRI Pekayon Jaya terhadap nasabahnya?!! Apakah anda tidak merasa dilecehkan sudah telpon jauh-jauh (harus menyesuaikan jam dengan waktu Indonesia pula) dan mahal, eh malah dilayani dengan buruk seperti itu????!!!!
Saya kecewa berat dengan BRI!! Udah internet banking saya bermasalah terus, ditambah lagi pelayanannya buruk.
Saya tidak meminta BRI untuk menyuruh Emi untuk meminta maaf ke saya. Saya cuma minta kepada BRI untuk MEMPERBAIKI PELAYANANNYA TERHADAP NASABAH. Gak sedikit kasus para nasabah yang kecewa dengan pelayanan BRI.

Birmingham, 13th of October 2016
Regards,
Reza Dwi Utomo

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s