Kereta Dengan Kecepatan 2900 Km/jam (3x Kecepatan Pesawat)

Para peneliti di Southwest Jiaotong University telah membuat prototip kereta Maglev (Magnet Levitation) model baru. Maglev ini mereka sebut sebagai “Super-Maglev”. Wow Maglev tanpa “super” aja bisa mencapai kecepatan lebih dari 400 km/jam, apalagi ditambahin “super”. Bisa bayangin betapa cepatnya?

secara teori, super-maglev ini mampu mencapai kecepatan 2900 km/jam alias tiga kali kecepatan operasional pesawat terbang. Wow banget gak tuh?

yang menjadi perbedaan super-maglev ini dengan maglev biasa adalah, menurut penelitinya, super-maglev dirancang untuk bergerak di dalam sebuah tabung hampa udara yang menjadi ‘rel’ nya. tujuan penggunaan vacuum tube ini untuk menghilangkan resistansi udara terhadap body super-maglev tersebut.

Kalo nih kereta bisa sampe di Indonesia, bisa bayangin berapa waktu yang dibutuhkan untuk pergi dari Jakarta ke Surabaya?

yang jelas, pasti waktunta tiga kali lebih kecil (alias lebih cepat) dibanding pesawat. kan sesuai rumus kecepatan, kecepatan itu berbanding terbalik dengan waktu.

sumber

ini ada videonya di youtube.

tapi bahasanya abstrak.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s