Bensin Habis Berujung Kisah Inspiratif

“udah jarang ada orang2 seperti ini”

siang ini sepulang nganter temen balik ke kosnya di daerah ngesrep, saya baru sadar kalo bensin motor udah sekarat. Tadi sih mikirnya masih cukuplah. Tapi nyatanya nggak, soalnya saya sempet ngebut2 hehe

sekitar setelah belok ke arah sirajuddin, motor mulai terasa brebet, tanda bensin udah abis. Ya mau gak mau, saya menepi. Matiin mesin, cek tangki bensin. Dan, eng ing eng, beneran kosong melompong. Dan lebih parahnya, saya gak bawa HP, gak bawa duit sepeser pun, cuma bawa diri, motor, sama pakaian yang nempel di badan. Gawat. Parah minta ampun.

Mikir mau dituntun pulang motornya, gak mungkin, jauh banget ke kontrakan. Mikir mau pinjem HP orang buat nelpon temen di kontrakan, ngapain, wong nomor HP temen gak ada yang hafal. Nelpon HP sendiri biar diangkat temen di kontrakan? Hmm, agak mustahil bakal diangkat.

Ngedarin pandangan ke sekitar, eh ada penjaja bensin eceran di seberang jalan. Bilakah? Ah gak ada salahnya nyoba.

Tukang bensin   : kenapa mas? Apa yang rusak?

Saya                       : hmm, gini mas, ini bensin motor saya abis. Saya mau beli seliter. Tadi abis nganterin temen, eh tiba2 abis. Dan sekarang saya gak bawa uang, ga bawa HP, ga bawa apa2 (sambil ngeraba2 badan sendiri nunjukin kalo pada rata semua). Gini mas, bisa minta tolong gak mas tolong isi bensinnya, tapi bayarnya nanti mas. (dengan tampang memelas)

Tukang bensin   : (natap saya, keliatan bingung, trus senyum) ya gimana ya mas. Balik aja dulu mas ambil uang.

Saya                       : gimana mau balik mas? Saya gak bawa apa2. (ngeraba2 lagi #Apadah). Kosan jauh. Gak mungkin nuntun motor. Bisa gempor mas. Ayo minta tolong mas. (muka melas dipasang lagi)

Tukang bensin   : (garuk2 kepala, makin bingung, keliatan mikir keras buat nentuin keputusan) ya nanti masnya kabur, masnya punya apa buat jaminan?

Saya                       : nah itu mas. Saya juga bingung gak bawa2 apa. (sambil buka bagasi motor) adanya ini mas, jas hujan (tukang bensinnya malah senyum). Gimana mas? Ya minta tolong banget mas.

Tukang bensin   : (tanpa perlu diperintah lagi langsung ngambil satu botol bensin dan corong, lalu seketika langsung ngasi kode mau nuang bensin ke tangki motor saya. Dalam sekejap saya tau maksud masnya. Alhamdulillah dalam hati)

Saya                       : makasih mas. Saya langsung cepet balik lagi mas.

Tukang bensin   : ya (saya udah gak sempet liat raut wajahnya sebelum saya pergi)

Gaspol langsung tancep balik ke kontrakan. Dalam beberapa menit, saya udah sampe di depan kontrakan. Parkir motor, matiin mesin, cabut kunci, langsung cabut ke dalam kamar buat ngambil dompet. Pake sweater, dan langsung caw naek motor ngebut balik ke tempat tadi. Di perjalanan, saya sempet mikir2 berapa ya enaknya dikasi ke masnya itu. Harga bensin 1 liter dia jual 8 ribu. Saya ada duit 10ribu selembar, 5ribu dua lembar, dan tiga lembar 2ribu (maklum lah ckckck). Dan, saya putuskan untuk ngasi masnya uang 15ribu.

Cuma beberapa menit akhirnya nyampe di TKP (maklum efek ngebut). Setelah parkir motor, masnya langsung menemui saya.

Tukang Bensin   : jadi 8 ribu mas

Saya                       : (tapi sebelum masnya selesai bicara, dengan sigap saya langsung ngeluarin isi dompet: 1 lembar 10ribu dan 1 lembar 5ribu) ini mas.

Tukang bensin   : ndak usah mas. 8ribu aja (dia Cuma narik duit 10ribu, lalu segera mencari kembalian di dalam kaleng)

Saya                       : (saya gak mau kalah) udah mas, ini ambil aja. Ucapan terima kasih dari saya.

Tukang bensin   : (ngasi kembalian 2 ribu ke saya) udah gapapa mas.

Saya                       : (terenyuh) makasih banyak ya mas. Jazakallah. Semoga Allah membalas.

Tukang bensin : (sambil pergi) iya mas.

Saya langsung cabut. Gak abis pikir, alhamdulillah masih ada orang seperti itu di dunia ini. Emang sih 8ribu bukan nominal yang besar. Tapi bagi seorang penjaja bensin dan bengkel pinggir jalan, uang segitu berharga baginya. Namun, kepercayaan yang dia berikan ke saya, orang yang gak dia kenal sama sekali tiba2 minta bensin tapi bayarnya nanti, menjadi akhlak luar biasa yang dia tunjukkan. Ditambah lagi, dia gak mau menerima uang 15ribu yang saya berikan. Dia hanya menerima apa yang menjadi haknya, delapan ribu rupiah.

Semoga orang-orang seperti mas tukang bensin tersebut masih terhampar banyak di atas bumi ini karena orang-orang seperti itulah bumi ini makmur. KEJUJURAN dan KEPERCAYAAN.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s