Bongkar ASUS A42J

Awal-awal Januari 2014 kemarin, saya sempat berpikir, sepertinya fan (kipas) laptop saya perlu diperbaiki. Coba sana-sini, ujung-ujungnya memang kalau mau bersihin fan laptop, laptopnya harus dioprek, alias dbongkar.

Oke, kali ini saya mau memberikan sedikit tulisan tentang gimana sih cara ngebongkar laptop, khususnya tipe laptop yang seperti saya punya, yaitu ASUS A42J. Tapi ingat, saya tidak memberikan garansi jika terjadi kerusakan pada laptop anda. Toh, saat saya nyoba bongkar sendiri trus mencoba pasang lagi, keyboard dan touchpad saya sempat tidak berfungsi. Alhasil, paniklah saya, tapi alhamdulillah ternyata cuma salah pasang posisi kabel fleksibelnya saja. Tidak terjadi kerusakan apapun. Okey, let’s get started.

Pertama-tama, kita membutuhkan alat buat ngebuka laptop. Yang kita butuhkan adalah obeng. Obeng ini bukan obeng gede yang biasa dipakai untuk buka mur-mur pada mobil atau motor. Inget, yang akan kita urus disini itu barang sensitif. Jadi, obengnya juga obeng dengan ukuran kecil. minimal kita butuh dua mata obeng, seperti gambar di bawah ini, tapi kalau mau beli satu paket juga tak apa. Satu paket obeng tersebut berharga tak sampai 50 ribu. Cukup terjangkau.

20140111_093726

Lalu, tahap kedua. Nyalakan laptop kita dulu. Tak perlu masuk ke OS, di BIOS saja sudah cukup karena yang kita butuhkan hanyalah membuka DVD Writer pada laptop. Setelah terbuka, matikan laptop anda, dan DVD Writer jangan ditutup.

Lanjut, jangan lupa untuk mematikan seluruh koneksi energi pada laptop, seperti charger dan baterainya. Pastikan sudah terlepas semua. Ini sangat penting karena tak mau kan terjadi apa-apa pada kita dan laptop kita.

Oke next. Buka semua mur yang ada pada laptop. Pertama, buka dulu semua mur yang ada di bagian bawah laptop. Pastikan bahwa benar semua mur terbuka dan tak ada yang tersisa sedikitpun. Dan jangan lupa untuk mengamankan semua mur yang telah anda buka. Jangan sampai hilang. Simpan baik-baik.

Tahap berikutnya, buka penutup hard disk. Jika semua mur pada bagian bawah laptop sudah dibuka, pasti penutup hard disk ini juga akan mudah dibuka. Harddisk pun akan terlihat. Buka juga semua mur yang mengait hard disk. Jika sudah dibuka, geser pelan-pelan harddisk agar socketnya bisa terlepas. Setelah terlepas, amankan harddisk anda. O ya, RAM sebenarnya tidak perlu dilepas, karena mur pengait pada RAM tidak mengganggu dalam proses untuk mengoprek laptop. Tapi kalau RAM mau dilepas, sah-sah saja.

Selanjutnya, coba tarik keluar DVD Writer laptop anda. Jika memang anda benar-benar telah membuka semua mur pada bagian bawah laptop, seharusnya DVD Writer dapat ditarik keluar dari tempat asalnya.

Lalu tugas berikutnya adalah membuka mur kembali. Kali ini kita butuh mata obeng yang lebih kecil dan berbentuk min. Posisi laptop masih terbalik. Jika kita melihat pada tempat dimana DVD Writer tadi terpasang, terdapat beberapa mur yang berbentuk beda dari mur-mur sebelumnya. Buka mur-mur tersebut.

Oke lanjut. Sekarang kita posisikan laptop dengan posisi normal, tidak terbalik. Selanjutnya, kita akan membuka keyboard. Di bagian teratas keyboard (di atas tombol ESC, F5, antara F10 dan F11, dan Delete) terdapat pengait. Dengan menggunakan obeng minus tadi, coba congkel pengait tersebut dan geser ke bawah. Lakukan hal yang serupa pada keempat pengait lain.

Saat semua pengait terlepas, keyboard jangan langsung ditarik karena terdapat kabel fleksibel yang masih tersangkut di bawahnya. Jika dipaksa, bisa-bisa kabel tersebut putus. Jadinya kudu beli baru deh. So, angkat pelan-pelan, lalu tengok bagian bawah keyboard. Kendorkan pengait pada kabel fleksibel tersebut, lalu lepas pelan-pelan, dan keyboard bisa terlepas.

Selanjutnya kita akan melihat sesuatu yang berbeda dari laptop kita. Setelah keyboard dibuka, kita akan melihat masih ada kabel lain yang masih nyantol, yaitu kabel fleksibel touchpad. Sekali lagi kendorkan pengaitnya, tapi ingat, kali ini gunakan obeng minus yang kecil tadi. Lalu lepas pelan-pelan.

Okey, semua kabel penghalang telah berhasil dilepaskan. Sekarang lepas semua mur yang terlihat. Dan perlu diingat bahwa ada dua mur khusus yang memiliki panjang berbeda. Hafal baik-baik posisinya. Yakinkan bahwa semua mur berhasil dilepas, mur-mur yang berada di bawah laptop, di bagian DVD Writer, dan yang tersembunyi di balik tempat meletakkan keyboard . Jangan sampai ada yang tertinggal satu pun karena step setelah ini sangat rawan dan berisiko.

Baik, sekarang kita akan masuk step paling mengerikan (menurut saya) dalam mengoprek sebuah laptop. Posisikan laptop dalam keadaan tidak terbalik dan terbuka. Dari sudut sebelah kanan atau kiri, perhatikan bahwa terdapat rongga pemisah antara casing bagian atas dan bagian bawah. Nah, dari rongga ini kita akan melakukan tarik ‘paksa’ terhadap casing laptop kita. Jika memang benar semua mur tanpa terkecuali telah kita lepas, jangan ragu untuk menarik rongga ini walaupun memang bakalan terdengar suara yang kurang mengenakkan untuk laptop kita. Namun, tak perlu khawatir, memang begitulah adanya. Setelah rongga dari sudut berhasil dibuka, lanjutkan untuk terus menarik casing hingga terbuka keseluruhan, dan janganlah ragu, tapi tetap harus hati-hati.

Jika step sebelumnya berhasil dilakukan dengan baik, kita akan melihat utuh motherboard laptop kita. Tugas berikutnya adalah membuka mur-mur yang ada pada mainboard tersebut. Jumlah mur pengait pada motherboard tidaklah sebanyak jumlah mur yang sebelumnya dilepas. Selain melepas mur-mur, lepas juga kabel-kabel yang mengait pada fan laptop. Hati-hati jangan sembarang lepas. Lepaslah dengan lembut.

Oke, semua mur dan kabel telah terlepas, maka selanjutnya adalah melepas motherboard nya dari cangkang (casing). Melepasnya gampang-gampang saja karena motherboard tersebut memang sudah tidak terkait pada apapun.

Pekerjaan membongkar selesai, silahkan jika mau bersih-bersih dalaman laptop anda.

20140106_201530

Note: di bawah ini ada link videonya. hasil ngoprek menggunakan laptop teman saya.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s